Beberapa Hal Yang Perusahaan Tidak Perlu Tau Tentang Anda

http://www.promomainan.com – Saat anda melamar kerja atau sudah diterima bekerja , tentunya data – data pribadi anda ada yang diminta diberikan kepada perusahaan melalui HRD, namun taukah bahwa tidak semua data pribadi anda itu harus diberikan kepada perusahaan secara detail. Untuk perusahaan skala besar seperti pabrik , tambang secara mutlak anda harus memberikan data – data anda kepada perusahaan dengan jujur karena bila ada sesuatu hal misal kecelakaan , asuransi, pajak keaslian data anda sangat membantu.

Nah yang saya mau bicarakan disini adalah tentang perusahaan skala kecil dimana kantornya hanya sebesar ruko. Kenapa begitu?

  1. Data kendaraan pribadi anda

Setiap perusahaan rata – rata mempunyai kendaraan kantor walau jumlahnya hanya 1 yan digunakan untuk keperluan kantor namun seringkali walaupun untuk keperluan kantor kadang anda belum tentu diizikan menggunakannya. Kalau anda memberikan data bahwa anda memiliki kendaraan pribadi sendiri sebagai akomodasi pulang pergi ke kantor adakalanya perusahaan memanfaatkannya untuk kepentingan kantor. Misal anda bagian financial lalu ada masalah di supplier / pemasok , karena karyawan staff pembelian tidak punya kendaraan pribadi jadilah anda yang harus pergi bersama staff pembelian ke supplier tadi.  Memang bensin dan uang parkir akan diganti oleh perusahaan selama ada bukti / struk nya namun secara kasat mata anda kehilangan waktu kerja anda sendiri alias kerjaan anda keteteran. Waktu anda habis di jalan ( macet ), nunggu si supplier untuk ketemuan , dll. Mana mau tau atasan anda kerjaan anda keteteran gara – gara mengantar ke supplier ya kan, kan atasan maunya kerjaan anda beres! Jadi pandai – pandai sembunyikan kendaraan anda , parkir ditempat lain yang aman dan tidak terlihat oleh perusahaan baik ketika anda datang maupun pulang sampai anda yakin di perusahaan tersebut tidak suka memanfaatkan kendaraan pribadi karyawannya untuk kepentingan kantor.

2.  Alamat Email asli anda

Buatlah 2 alamat email  satu untuk  keperluan pribadi ( facebook, instagram, dll )  dan satu untuk keperluan pekerjaan seperti kirim lamaran . Mengapa demikian ? Cerita kasus teman saya ada konflik dengan atasannya dan akhirnya dipecat. Atasannya menyuruh orang IT memeriksa data – data di instagram , facebook mengenai diri teman saya ( melihat message / pesan ) Dengan kata lain mengorek – ngorek informasi. Dari mana mereka bisa tau ? dari alamat email teman saya tadi karena orang registrasi di facebook menggunakan alamat email pribadi.

3. Jangan tinggalkan jejak di perusahaan

Maksudnya begini kadang kita membukan akun facebook, instagaram, dll kita di komputer kantor terus kita lupa logout. Sehingga orang lain bisa masuk melihat – lihat chat / message kita. Kalo ada char yang membicarakan tentang atasan kita maka kita bisa dilaporkan. Jadi selalu hapus history browsing , dan selalu logout media sosial yang kita pakai agar jejak kita tidak bisa di telusuri.

4. Alamat Rumah

Jangan memberikan data alamat rumah kita dengan lengkap. Ini ada cerita dari teman saya bahwa kantornya berhutang untuk keperluan perusahaan dan data yang dipakai adalah nama dia dan alamat rumah dia. Alhasil orang yang menagih tentunya data ke tempat teman saya tadi. Bisa juga bila kita sudah resign dan atasan kita masih membutuhkan kita untuk keperluan pekerjaan mereka bisa mencari ke alamat rumah kita dan jelas ini bisa sangat mengganggu. Atau gara-gara kita resign akhirnya perjanjian dengan kliennya yang harusnya kita handel jadi gagal dan perusahaan mau menuntut ke kita ( namanya orang kaya bisa apa saja ) bisa bahaya kalo data alamat rumah kita lengkap, bisa di cari.

5. No Telepon

Ini yang paling susah untuk ditutup – tutupi hehehe…… Siapa yang disini yang kalo udah jam malam dan sudah beristirahat di rumah tapi entah itu boss atau klien telephon ke kita ? Solusi belilah 2 HP , 1 HP untuk keperluan kita pribadi dan 1 HP sederhana ( beli yang murah saja ) untuk ditaruh di kantor. HP untuk keperluan kantorlah yang diberikan nomornya ke atasan dan ke klien. Jadi anda tidak di ganggu bila anda berada di rumah. Untuk alasan mengapa telephon tidak diangkat, pintar – pintar anda mencari alibi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s