Dua Tipe Pembeli

http://www.promomainan.com – Perlu diketahui bahwa ada 2 tipe pembeli yang datang ke toko / penjual yang masing – masing tipe ini dihandle dengan cara yang berbeda.

Tipe pertama : adalah pembeli yang sudah tau product yang akan mereka mau beli / cari. Dalam pikiran mereka sudah ada gambaran barang, harga dan kualitas. Rata – rata tipe pembeli seperti ini sudah melakukan survey / pencarian seperti google, toko online lain, info dari teman. Ibarat seorang pemanah yang sudah menargetkan sasarannya , anda hanya perlu memberi sedikit arahan dan petunjuk agar si pemanah bisa melepaskan anak panah tepat sasaran. Buat penjual / penjaga toko untuk melayani tipe pembeli ini bisa ditemani sepanjang mereka mencari produk di toko anda. Anda juga tidak perlu repot – repot menawarkan produk yang mereka mau. Yang perlu anda tau hanya cukup produk yang mereka inginkan / sedang cari seperti apa lalu tinggal anda tawarkan dengan produk yang anda miliki yang sama / mirip / mendekati. Penjelasan kualitas pun tidak perlu panjang lebar cukup point penting saja karena pembeli sudah survey. Yang diperlukan biasanya hanya nego harga.

Tipe kedua : adalah tipe pembeli yang masih belum pasti produk yang akan mereka beli seperti apa. Ibarat pemanah didepannya banyak kabut sehingga sasaran yang ingin di tuju belum terlihat jelas . Memang agak merepotkan ketika pembeli belum tau barang yang akan dibeli seperti apa karena penjual pun hanya bisa menebak – nebak saja. Biasanya pembeli melihat – lihat kesana kemari barang – barang di toko anda. Yang perlu dilakukan penjual / penjaga toko tidak perlu menemani pembeli bertipe seperti ini cukup mengawasi dimana pembeli bisa melihat anda. Mengapa? karena beberapa pembeli ketika sedang mencari – cari barang dan masih bingung barang yang mereka mau biasanya merasa risih ketika ditemani oleh penjual / penjaga toko. Menghampiri pembeli hanya kalau mereka memanggil anda untuk menanyakan prihal produk yang mau mereka tanyakan.

Hal keragu – raguan dari pembeli untuk membeli juga menjadi masalah dari tipe kedua ini. Beda dengan tipe pertama dimana tinggal nego harga bila barang yang diinginkan sesuai. Keraguan – raguan dalam harga ( kemahalan atau tidak ) , produk yang mereka cari apakah sudah sesuai dengan yang pembeli mau atau tidak , tinggal penjual pandai – pandai menyakinkan pembeli dari keragu – raguannya.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s