Awal Mulai Usaha Cari RUGI ?

http://www.promomainan.com – Kata Bob Sadino seorang yang mulai bisnis berlomba – lomba mencari untung besar tapi saya mencari rugi. Loh kok mencari rugi ? Siapa sich yang mencari rugi ketika buka usaha?

Ketika kita baru terjun ke dalam usaha sendiri ibarat tentara yang baru lulus dari training terus terjun ke medan tempur beneran. Tercengang – cengang liat suasana medan tempur bahkan ada yang ketakutan, belum lagi liat ada yang meninggal kena tembak atau ledakan wah makin ciut nyalinya dan pengen lari mundur. Begitu juga orang yang baru terjun di usaha sendiri dengan harapan menjadi wirausaha sukses, belum tau benar medannya. Cuma tau dari teori disekolah dulu atau buku – buku bisnis. Teori itu cuma 10% dari kenyataan di lapangan. Begitu di hajar sama saingan wah kalang kabut dah.

Banyak orang yang baru terjun ke usaha sendiri langsung pakai modal raksasa ( entah ngutang dulu danannya ) Pokonya kita harus berani! Lah berani tanpa perhitungan yang ada mati konyol . Ketika memulai usaha tidak selalu harus modal besar, nggak musti harus stock barang banyak, nggak musti harus ada toko offline. Sekarang sudah ada yang namanya Onlineshop tempat anda memulai usaha , tempat anda belajar bisnis , plus bisa jadi reseller juga . Sambil belajar mengenal dan belajar medan barang yang anda jual. Disini juga anda jangan langusng bermimpi untung besar, yang namanya belajar pasti ada salah ( rugi ) dan disitulah anda belajar memperbaikinya.

Dulu ketika baru buka usaha dengan online saya kalao membungkus barang asal – asalan dan kadang berdebu nggak saya lap. Karena saya berpikir yang penting barangnya berfungsi. Tapi saya salah , malah di komplain sama konsumen saya yang bilang saya asal – asalan dan tidak rapih. Kemudian ketika saya mencari supplier mainan , saya berpikir bila saya membeli langsung di importirnya maka bisa dapat barang lebih murah , maka saya cari mati – matian importir disana sini tapi saya salah lagi karena importir hanya menjual secara karton dan tidak bisa lusinan. Kalo dulu saya belanja mainan yang mana aja suka – suka saya dan akhirnya jadi barang mati karena kaga laku sekarang kalau belanja stock mengutamakan musim dan pilih yang paling cepat laku.  Semua kesalahan membawa kerugian tapi dibalik semua itu ada pelajaran – pelajaran berharga yang dimana bisa meningkatkan skill kita dalam usaha. Kalo skill meningkat nanti dengan sendirinya untung akan datang ( sudah mengenal medan usaha ) .

Jadi ketika ktia baru mulai usaha jangan bernafsu cari untung besar. Karena untuk mencapainya butuh proses rugi yang menjadikan kita belajar sesuatu.

Leave a Reply

