Ada Apa Dengan Harga POS

http://www.promomainan.com – Jasa pengiriman merupakan salah satu bagian pengiriman paling penting dari toko online. Tanpa mereka toko online bakalan mengeluarkan kocek lebih banyak untuk biaya kirim. Jadi Toko online dan jasa pengiriman ibarat temen / partner yang saling menguntungkan.

Jasa pengiriman di Indonesia yang rata – rata yang orang biasa pakai adalah JNE , Tiki  dan POS. Sebenarnya ada banyak jasa pengiriman yang lainnya seperti Rex, wahana, Pandu Logistic, First logistic, sicepat, MexBarlian, Thomas Express. Cuma jasa pengiriman yang paling murah adalah POS dan kedua Tiki.

Kali ini saya mau membahas soal jasa kirim POS ini. Apa sich yang aneh dari POS ? Jadi begini POS saat ini ada 2 macam cabang. Cabang ini ukurannya kecil , pertama cabang dari POS itu sendiri dan kedua semacam franchise ( orang secara pribadi membuka cabang dengan membeli nama POS dengan sistem share keuntungan ). Bagian yang aneh adalah dari pengalaman saya mau kirim barang / surat kadang harga yang ditentukan Cabang POS dan POS Franschise itu suka berbeda. Contohnya saya mengirim barang Track Tamiya 2 jalur ukruan volume 1okg.  Dari pembeli yang memesan di toko online tertera harga Rp 63.000, ketika saya mau memakai POS cabang harga yang dikenakan Rp 198.000 tapi begitu ke Cabang POS Franchise harga Rp 63.000. Aneh bisa berbeda jauh sekali. Maka itu saya lebih suka ke cabang yang Franchise atau langsung ke kantor POS pusat.

Mengirim surat juga pernah mengalami hal yang serupa dimana di Cabang POS saya tidak bisa memakai jasa pos kilat khusus Rp 7.500 ke JABOTABEK dan harus memakai POS Express Rp 10.500. Tapi di cabang pos franchise dan pos pusat itu boleh pakai pos kialt khusus . Pernah juga di Kantor POS pusat daerah Jakarta ( dekat lapangan banteng) saya diwajibkan memakai bungkus karung karena volume kirim saya 10kg. Padahal saya sudah memakai pembungkus kardus dan plastik hitam. Pembungkus karung nya sendiri dikenakan biaya Rp 20.000. Saya juga melihat orang lain juga diwajibkan memakai pembungkus karung dari POS biarpun ukuran barang kirimnya lebih kecil dari saya.

Saya tidak tau kenapa kebijakan dari POS bisa berbeda – beda padahal masih dalam satu naungan. Kita pakai jasa JNE / Tiki mau kita ke pusat atau cabang kecilnya harga semua sama menjadikan kita mudah menilai total harga barang ke pembeli. Nah kalo berbeda – beda begini bukannya penjual jadi bingung ? Saya hanya berharap kedepannya manajemen kantor POS bisa lebih rapih.

Leave a Reply

