Mainan Anak Untuk Melatih Kebiasaan Menabung

http://www.promomainan.com – Baik anak dari keluarga sederhana maupun kaya senantiasa diajarkan hidup hemat, hidup sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan. Untuk mendukung hal tersebut anak – anak bisa dimulai dengan mainan mereka yang mendukung kegiatan menabung dari sisa uang jajan / pemberian orang tua.

Berikut beberapa mainan yang ada dipasaran untuk menabung

  1. Mainan Tabungan Tanah Liat

celengan-ayam

Mainan ini sudah ada dari jaman dahulu dan sampai sekarang masih ada yang pakai. Bentuknya unik dari ayam sampai kendi. Dan beberapa juga sudah dipoleh lebih menarik dan lebih bagus. Mainan tabungan ini cukup murah harganya dan terjangkau. Namun sayangnya bila isinya sudah penuh uang maka untuk mengambilnya harus dipecahkan.Untuk tabungan yang dari keramik saat ini sudah ada tutup karet / plastik jadi tidak perlu dipecahkan bila mau mengambil isinya.

  1. Mainan Tabungan Kaleng

celengan-kaleng

Mainan tabung ini terbuat dari bahan kaleng. Orang bisa juga membuat di rumah sendiri dari kaleng bekas makanan seperti potato chips dengan memberi lubang di tutupnya . Uniknya anak – anak bisanya senang menguncang – guncangkan ( mengocok ) tabungan kaleng ini agar tahu seberapa banyak isi uang didalamnya terutama bila isinya uang logam.

  1. Mainan Tabungan ATM

celengan-atm

Mainan ini lebih bersifat elektronik dan membutuhkan battry. Sama halnya seperti ATM di Bank mainan ini menggunakan numerik dan tombol – tombol serta kartu sebagai kartu keamanan bila mau menarik uang. Orang tua bisa mensetting password agar anak kita tidak mudah mengambil uang ditabungannya.

  1. Model Baru Tabungan ATM

piggy-bank-hello-kitty

Untuk model ini lebih simple dari mainan tabungan atm tadi. Brankas atau tempat penyimpanan uang untuk anak usia 3+ dengan motif karakter ukuran 13x12x19cm lengkap dengan petunjuk. Terdapat 2 lubang yang dapat diisi dengan uang koin dan uang kertas, untuk uang koin tinggal dimasukin pada lubang bagian atas dan untuk uang kertas harus dirapikan dulu lalu masukkan pada lubang bagian depan maka akan tertarik secara otomatis. Terdapat beberapa tombol yang berfungsi sebagai kode PIN untuk membuka, standar kode PIN adalah 0000. Apabila salah memasukkan kode maka akan mengeluarkan suara  o oww  dan apabila kode benar maka akan berbunyi klek dan nyala lampu hijau, maka segeralah putar tuas keatas sambil membuka pintu dan celengan akan berbunyi sriiing. Didesain lebih simple dengan motif karakter dan warna yang fun. Mainan yang edukatif, dapat mengajarkan anak tentang menabung biar bisa berhemat. Bahan material pvc plastik lebih halus, kokoh dan aman untuk anak, menggunakan 3 pcs battre AA (tidak termasuk). Ukuran kemasan 15x15x20.5cm

  1. Cat Steal Coin

celengan-kucing

Mainan ini masih langka di Indonesia. Jadi mainan tabungan ini berupa kotak dimana didalamnya ada bintang seperti kucing , panda , dll yang bila kita menaruh koin diatas lingkarannya akan mucul binantang yang menarik uang koin kedalam tabungan. Sayangnya uang kertas belum bisa. Macam model mainan ini ada banyak dari model binatang didalam kotak dan binatang  diatas kotak tapi cara kerjanya sama.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s