Hal Diluar Kesadaran Ketika Bermain Game

http://www.promomainan.com – Perkembangan permainan game sudah berkembang pesat dari yang dahulunya simple berupa grafik kotak – kotak sampai saat ini sudah hampir menyerupai orang. Permainan game juga ada banyak dari strategi, FPS, online / offline dan sebagainya. Tapi banyak orang yang ketika bermain game secara tidak sadar mereka masuk dalam dunia game.

1.Sosialisasi

Orang lebih suka bermain game online karena mereka secara tidak langsung berinteraksi dengan pemain lain di tempat lain. Mereka bisa mengombrol membahas sesuatu atau mencari infomasi terbaru. Berbeda dengan game offline yang hanya berinteraksi dengan AI komputer , game online bisa dipakai juga untuk memperluas pergaulan. Secara tidak sadar game online ini memenuhi kebutuhan pemain untuk berinteraksi dengan orang lain. kebutuhan untuk bercakap – cakap dikala mereka sendirian.

2.Serakah

Game juga mengarahkan pemain untuk mengeruk sebanyak – banyaknya keuntungan pribadi entah dari perolehan item , koin , senjata dan sebagainya.Mereka berlomba – lomba untuk mendapatkan sebanyak – banyaknya dan tidak peduli dengan orang lain. Yang penting keuntungan pribadi kalau perlu keluarkan segala cara agar orang lain tidak bisa menyusul / menyaingi kita. Kalau dalam dunia nyata mungkin bisa dibilang saling injak dan sikut-sikutan.

3.Emosi

Kalah dalam game adalah hal wajar tapi beberapa orang secara tidak sadar terpancing secara emosi dan merusak barang – barang disekitarnya atau menyerang pemain lain.

4. Nafsu Membunuh

Game juga bisa mengarahkan secara tidak sadar pemain untuk mengahabisi lawan tanpa ampun. Game – game ini biasanya paling banyak di game tembak – tembakan atau perkelahian. Tapi saat sudah ada mode sesor dimana bisa di setting agar konten yang bersifat brutal di batasi.

5. Keras Kepala

Pernah anak anda ketika disuruh minta tolong ketika sedang bermain game susahnya minta ampun bahkan melawan ? Game juga bisa membawa prilaku keras kepala pada pemainnya. Pemain akan melupakan segara sesuatu diluar gamenya biarpun itu penting.

6. Membuang – buang uang

Karena penasaran atau melihat pihak lawan lebih baik karena item yang dibeli maka pemain juga tidak segan – segan menghabiskan uang mereka untuk upgrade item dan membeli ini itu . Mereka tidak sadar bila permainan game hanya sementara dan investasi (tabungan ) untuk kedepan terlupakan.

Bermain game boleh saja tapi yang perlu diingat adalah kita harus bisa membedakan mana yang real dan mana yang tidak nyata. Khusus para orang tua juga harus selalu mengingatkan anak – anak ketika bermain game agar mereka tidak terjerumus pada hal – hal negatif dari konten game.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s