Belajar Wirausaha Dari Sekarang Sebelum Terlambat

http://www.promomainan.com – Pernahkah terpintas dalam pikiran kita bila kita sudah tua maka apa yang akan kita lakukan dimasa tua tersebut? Dimasa tidak lagi produktif? Ingat tidak selamanya anda akan bekerja di perusahaan dan pasti ada saatnya anda akan pensiun. Nah tidak ada salahnya bila mulai sekarang anda belajar wirausaha walau dimulai dari yang sederhana.

Moment paling baik untuk mulai belajar wirausaha adalah waktu SMU / SMA tapi tidak menutup kemungkinan dari SD juga bisa karena beberapa anak SD juga ada yang berhasil menjadi wirausaha dimulai dari hanya sekedar hobi. Mengapa saat itu adalah moment paling tepat untuk untuk memulai wirausaha karena saat itu beban hidup belum banyak. Berbeda bila anda sudah bekerja apalagi sudah mempunyai keluarga maka dana keuangan akan lebih banyak tersedot kepada keperluan keluarga dari pada wirausaha. Belum lagi waktu untuk mencapai sukses dalam wirausaha ini bisa memakan waktu lama. Ada yang cepat tapi ada pula yang lama bisa 8 – 20 tahun baru sukses.

Untuk start awal anda bisa menjadi reseller bila modal anda terbatas. Hitung -hitung belajar wirausaha sambil mempelajari jenis – jenis barang , mencari supplier barang  dan mempelajari pergerakan pangsa pasar. Fokus pada saat belajar awal wirausaha bukan pada laba tapi pada pembelajaran. Tidak mengapa ketika anda menjadi reseller untung yang ada dapat hanya kecil cuma Rp 10.000 – 20.000 tapi yang terpenting anda belajar memahami barang jualan anda. Bila fokus anda terlalu tertuju pada pencarian laba sebesar – besarnya pada masa itu dikhawatirkan bila gagal / rugi anda akan stop belajar menjadi wirausaha.

Apakah ketika masa belajar wirausaha ini perlu sewa kios atau membuka lapak ? Saat ini kemajuan teknologi sudah semakin pesat. Yang dulunya sulit kini sudah banyak dibuat mudah. Begitu juga dengan cara berjualan kini tidak didominasi orang harus punya kios tapi anda bisa membuat sebuah website dengan biaya yang murah bahkan ada juga toko – toko online yang menyediakan jasa jual online seperti tokopedia , shopee, Olx, jualo , elevenia,  dll .

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s