Perlunya Pengawasan Pada Game Anak

http://www.promomainan.com – Pernah melihat di berita ada anak yang tega membunuh saudara kandungnya sendiri padahal umurnya hanya baru 8 tahun ? Atau kekerasan bully di sekolah Dasar ? Kita kadang terheran – heran kok bisa anak seumur SD bisa melakukan semua itu. Dahulu ketika saya pertama kali melihat game Mortal Kombat di playstation umur 8 tahun rasanya game tersebut brutal dan sadis. Banyak darah dan belum lagi Fatality nya yang lebih sadis berdarah – darah, namun karena sering melihat adegan seperti itu lagi dan lagi maka lambat laun otak pun menganggap hal tersebut menjadi biasa saja.

Sebenarnya masalah paling mendasar dari masalah tersebut adalah kurangnya pengawasan orang tua pada anak. Misalkan game yang dia mainkan. Berberapa orang tua lebih sibuk bekerja dari pada mengawasi anaknya dan lebih menyerahkan pengawasan pada pembantu di rumah. Padahal game baik di PC , Console dan Android beberapa mengandung unsur kekerasan dan hanya boleh dimainkan umur tertentu.

Adegan kekerasan di game seperti darah ketika berkelahi, aksi perampokan , kebut – kebutan di jalan dan bahasa – bahasa kasar yang dimana anak SD masih belum bisa mencernanya. Mereka akan menyerap begitu saja tanpa tau apa yang mereka ikuti tersebut. Beberapa anak yang melakukan tindakan kekerasan pada teman dikelasnya mengaku mereka hanya mengikuti aksi seperti di game yang mereka mainkan. Ya namanya anak kecil tidak pernah tau dampak – dampak dari korbannya .

Sebagai orang tua sudah seharusnya sesekali memeriksa kamar anak anda , isi konten HP mereka, game – game yang diamainkan jangan sampai permainan yang tidak sesuai umurnya dimainkan oleh mereka. Lakukan juga nasehat bila mereka melakukan tindakan kekersan baik fisik maupun kata – kata  bila tetap melanggar segera tindak lanjuti dengan sangksi seperti pelarangan menggunakan game.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s