Cara Meminimalkan Barang Mati

http://www.promomainan.com – Di setiap penjualan pasti ada yang namanya barang mati atau biasa disebut barang tidak laku dalam jangka waktu lama. Biasanya penjual ketika membeli barang untuk stok hanya berdasarkan feeling saja. Misal ketika penjual membeli barang langsung ke supplier / importir ketika mereka melihat barang yang terlihat bagus , mereka beli  “wah keliatannya menarik ini dan bisa cepat laku” namun pada kenyataannya kadang kala barang yang di perkirakan akan laku cepat itu menjadi barang mati. Beberapa penjual untuk menghabiskan barang mati ini bisanya lewat diskon , promo cuci gudang , hadiah / bonus pembelian , dll . Tapi perlu diwaspadai karena semakin banyak barang mati di tempat stock maka perputaran uang pun menjadi lambat.

Nah bagaimana supaya bisa meminimalkan barang mati ini, penjual perlu riset dan info mengenai trend penjualan yang ada :

1. Pergaulan dan komunitas

komunitas-pedagang

Menjadi penjual bukan hanya diam di toko saja tapi juga harus meluangkan waktu untuk sosialisasi. Anda bisa ikut komunitas yang memiliki latar belakang profesi serupa dengan anda. Bisa juga dengan memperluas pergaulan dengan teman – teman yang sudah ada. Dengan begitu setiap ada info terbaru anda tidak ketinggalan dan juga anda bisa mencari – cari info yang anda butuhkan dari teman dan komunitas. Misal kalo anda penjual baju anak muda maka bergabunglah dengan komunitas anak muda dan disana anda bisa mendapatkan info pakaian anak muda yang sedang trend, nah yang sedang trend ini nantinya yang anda beli di pemasok dan jual di toko anda.

2. Melacak di Website

ubersuggest

Anda juga bisa melihat jenis produk apa yang kira – kira bulan ini sedang trend di www.ubersuggest.ioDisini anda tinggal mengetik jenis produk misalkan ” mainan mobil remote ” lalu klik “suggest” dan akan muncul list kata yang paling banyak di cari orang “mainan mobil remote” . Anda tinggal mengklik salah satunya lalu klik “google trends” dan muncullah grafik trend nya per bulan. Bila grafik menunjukan naik berarti produknya banyak dicari orang begitu juga sebaliknya bila grafik menunjukan turun berarti produk tersebut sedang tidak banyak dicari orang. Hebatnya link website ini tekoneksi langsung ke www.google.com/trends yang memang diperuntukan untuk melacak trends terbaru.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s